Berbagi Pengalaman Ngeblog dan Saran Blogger Pemula

Hallo sobat Blogger, dipostingan pertama ini saya akan berbagi pengalaman blogging yang dimulai sekitar akhir tahun 2008. Selama kurang lebih sepuluh tahun menekuni dunia ngeblog tentunya bukanlah waktu yang singkat, banyak suka duka yang saya alami hingga akhirnya bertahan dan memutuskan untuk menjadi Full Time Blogger.

Sebelum membaca lebih jauh, perlu Anda ketahui bahwa semua artikel diblog ini saya tulis mengalir begitu saja. Blog ini saya isi disela-sela saya mengurus blog-blog yang saya monetisasi. Jika ada ejaan atau kata yang kurang sesuai, saya harap mohon dimaklumi.


Awal Mula Mengenal Blog

Hobi menulis saya lahir dari seringnya berselancar dan membaca artikel-artikel menarik diinternet. Pada saat itu saya merasa bahwa seseorang sepertinya bebas mengekspresikan apasaja melalui sebuah tulisan yang mereka publikasikan. Hingga akhirnya saya pun tertarik untuk coba-coba membuat artikel sendiri.

Waptrick dan Peperonity merupakan layanan blog ponsel yang terlebih dahulu saya gunakan untuk menyalurkan hobi menulis. Penggunaannya sangat simple dan sederhana, cukup buat artikel lalu publish. Hal tersebut sering saya lakukan disela-sela istirahat pulang kerja, Selama Akhir tahun 2008.

Tepat pada awal bulan januari 2009 akhirnya saya mengenal Wordpress.com, dan tidak berselang waktu lama saya pun juga menggunakan Blogger.com atau Blogpsot.com kepunyaan Google. Pada saat itu kedua platform blog ini saya rasa sudah cukup sempurna untuk menunjang hobi menulis saya.

Menjadi Full Time Blogger

Full Time Blogger disini saya artikan tidak ada pekerjaan atau aktivitas lain untuk menghasilkan uang selain ngeblog.

Kejenuhan saya pada pekerjaan di dunia Real, sepertinya mengusik saya untuk terjun sepenuhnya menjadi blogger. Namun hal tersebut saya urungkan karena saat itu saya sendiri masih belum yakin, apakah hobi blogging ini bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari untuk saya dan keluarga.

Pada awal tahun 2011 saya mengenal Google Adsense dan setelah sekian kali mencoba mendaftar dan selalu disapprove. Hingga akhirnya blog saya disetujui untuk bergabung pada pertengahan tahun. Akun pertama saya berhasil untuk Pay Out pertama kali dibulan Desember 2011. Walaupun sedikit saya sangat bersyukur karena kegiatan hobi blogging saya ternyata bisa menghasilkan uang.

Akhirnya tepat pada bulan Februari 2012 tekad saya sudah bulat untuk resign dari pekerjaan dan memutuskan untuk menjadi Full Time Blogger.


Perbedaan Ngeblog Zaman Dulu dengan Sekarang

Dahulu masih sedikit orang yang tertarik didunia blogging. Komunitas atau wadah berkumpulnya publisher indonesia masih bisa dihitung dengan jari. Untuk mencari Tutorial Blogging pun harus browsing dari satu blog ke blog lain.

Saya masih ingat betul Blog Tutorial yang pertama kali saya buka adalah kepunyaan blogger senior yakni Mas Kholis. Template-template Blogger buatan beliau sangat diminati oleh blogger indonesia dan blogger-bloger dari mancanegara.

Namun seiring berjalannya waktu, Komunitas blogging pun semakin bertebaran dijejaring sosial terutama Facebook. Hal tersebut sangatlah membantu blogger-blogger pemula zaman sekarang yang ingin memahami dunia blogging.

Dengan kemudahan dan fasilitas yang ada saat ini, harusnya membuat blogger-blogger pemula bisa lebih cepat berkembang.

Saran untuk Blogger Pemula Zaman Now

Menurut saya ngeblog itu harus berangkat dari hobi membaca dan menulis. Jika anda sangat menyukai kedua hal tersebut, berarti anda sudah mempunyai modal besar untuk menjadi seorang blogger.

Namun sangat disayangkan bagi blogger-bloger pemula zaman sekarang yang tertarik Ngeblog karena terkontaminasi oleh screen shot pendapatan blogger-blogger senior disosial media. Apabila hal tersebut yang menjadi dasar anda untuk memulai blogging, tanpa mau melewati proses belajar, maka sudah bisa dipastikan anda sudah memulai langkah yang salah untuk menjadi seorang blogger.

Mengapa saya katakan demikian?

Jika anda kembali membaca dan memahami perjalanan saya diatas, harusnya Anda sudah mendapatkan gambaran, bahwa memerlukan waktu dan proses bagi seorang blogger pemula, hingga bisa mendapatkan hasil dari hobinya tersebut.

Jika bukan berangkat dari hobi, maka anda akan mudah merasa jenuh, bahkan Anda akan mudah kalah sebelum berperang (mundur sebelum bisa menghasilkan). Untuk itu saya sangat menyarankan Agar terus haus akan ilmu blogging dan asah terus kemampuan menulis Anda.

Semoga Bermanfaat