Cara Daftar Google Adsense Non Hosted Full Approve

Hallo Sob pada tutorial kali ini kita akan membahas mengenai cara daftar google adsense. Ini merupakan langkah awal bagi Anda untuk memonetisasi atau mendapatkan penghasilan dari blog.

Google sebagai prantara antara Advertiser dengan Publisher, mempunyai program kerjasama yang ditujukan bagi pemilik blog atau website yang bernama Adsense. Suatu program yang saling menguntungkan bagi anda dan google.

Mau tau lebih dalam mengenai Google Adsense? yuk silahkan simak lebih lanjut pembahasannya dibawah ini.

Tentang Google Adsense

Adsense merupakan program kerjasama periklanan melalui media online yang dimiliki oleh Google. Setiap pemilik blog atau website yang mendaftar di Adsense, harus disetujui terlebih dahulu keanggotaannya baru diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google.

Sumber dari semua pendapatan AdSense adalah dari program AdWords yang sama-sama dimiliki oleh google. Pembayaran kepada anggota Adsense berupa pembagian keuntungan yang didapat Google dari Advertiser (Pengiklan).

Google menggunakan sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik. Ini artinya para publisher akan dibayar pada setiap ada pengunjung situs yang mengklik iklan yang ditampilkan google di situs mereka.

Sejarah Google Adsense

Asal muasal program Adsense adalah didirikan oleh google setelah berhasil mengakusisi Pyra Labs pada bulan Februari 2003. Pada bulan berikutnya tepat pada tanggal Chairman Google dan CEO, Erick Schmidt, mengumumkan layanan iklan konten bertarget yang disebut AdSense. Untuk mendukung program adsense, pada 23 April 2003 atau sebulan kemudian google mengakuisisi Applied Semantics yang teknologinya mendukung layanan AdSense.

Sejak AdSense didirikan, unit AdSense for Content hanya mendukung bahasa Inggris dan beberapa bahasa negara-negara di Eropa, Timur Tengah dan Asia Timur, serta satu negara Asia Tenggara yaitu bahasa Thailand. Namun akhirnya pada tanggal 1 Februari 2012 Google secara resmi mengumumkan bahwa Bahasa Indonesia kini didukung untuk menampilkan unit iklan AdSense for Content, setelah sebelumnya bahasa Indonesia hanya didukung untuk unit AdSense for Search saja. Kini AdSense for Content mendukung 36 bahasa negara di dunia.

Pada tanggal 7 November 2012 Google mengumumkan telah memperbarui aplikasi permohonan AdSense bagi publisher baru yang mendaftar AdSense melalui mitra host, artinya pendaftar baru yang mendaftar AdSense melalui Youtube, Blogger dan Hubpages. Sejak saat itu akun AdSense dibedakan menjadi dua macam, yaitu akun AdSense hosted dan akun AdSense non hosted. Berdasarkan catatan resmi Google, jumlah publisher AdSense kini mencapai lebih dari 2 juta publisher di seluruh dunia dan lebih dari 11,1 juta situs web menggunakan AdSense.

Kebijakan program AdSense

Meski program AdSense memberikan keuntungan yang besar bagi publisher. Namun Google menetapkan aturan aturan ketat untuk melindungi kepentingan pemasang iklan (Advertiser). Untuk itu sebagai publisher Anda wajib menaati semua persyaratan dan kebijakan yang diatur oleh Google Adsense, antara lain :

1. Klik dan tayangan tidak valid

Penayang tidak boleh mengklik iklan mereka sendiri atau menggunakan cara apa pun yang tidak semestinya untuk meningkatkan tayangan atau klik, termasuk metode manual.

Penjelasan :

Ini merupakan Hal yang paling ditakutkan Publisher yaitu Invalid Click. Jika Anda baca dengan teliti pada kebijakan diatas, bahwa Google telah menjelaskan bahwa publisher tidak boleh melakukan klik iklan sendiri dan tidak boleh memanipulasi blognya untuk meningkatkan tayangan atau klik iklan. Baik dengan cara manual atau dengan bantuan perangkat lunak khusus

2. Dengan sengaja mendorong pengunjung situs untuk mengklik iklan yang ditampilkan, misalnya dengan kata-kata “klik iklan ini” atau “kunjungi halaman ini”

3. Mengubah bentuk dan ukuran unit iklan yang telah ditentukan Google

4. Membuat pranala langsung menuju halaman hasil pencarian AdSense untuk pencarian

5. Mengisi secara otomatis kotak pencarian AdSense dengan Kata kunci tertentu

6. Memanipulasi target iklan dengan katakunci tersembunyi atau dengan IFRAME

7. Kode unit iklan AdSense harus ditempatkan langsung pada kode html Situs web tanpa perubahan.

8. Pemilik situs tidak diperbolehkan mengubah kode AdSense dengan alasan apapun, misalnya dengan tujuan menampilkan hasil klik di jendela pop up atau mengalihkan target iklan.

Anda bisa membaca lebih detail mengenai Kebijakan Adsense dihalaman resminya disini.

Perbedaan Google Adsense Hosted dengan Non Hosted

Bagi Anda yang baru saja terjun ke dunia blogging mungkin akan sedikit kebingungan dengan istilah Adsense Hosted dengan Non Hosted. Berikut penjelasannya :

Adsense Hosted adalah akun Adsense yang didaftarkan melalui platform milik google yaitu Blogger dan Youtube. Sedangkan Adsense Non Hosted adalah Akun yang didaftarkan melalui blog atau website yang tidak dihosting oleh google (Blogger). Non Hosted lebih ditujukan untuk situs web yang menggunakan Hosting Sendiri atau menyewa sendiri hosting blognya.

Namun tidak menutup kemungkinan Blog yang Anda punya di Blogger untuk didaftarkan ke Akun Adsense Non Hosted. Karena Syarat utama sebuah blog atau situs web yang akan didaftarkan adalah menggunakan Domain TLD, seperti .com, .net, .org, .info, dll.

Kelebihan dan Kekurangan Adsense Hosted dan Non Hosted

Kedua jenis akun Adsense ini mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan dan Kekurangan Adsense Hosted :

- Proses pendaftaran bisa langsung melalui akun Blogger dan Youtube.

- Iklan hanya tampil pada platform milik google yakni Blogger dan Youtube.


Kelebihan dan Kekurangan Adsense Non Hosted :

- Proses pendaftaran harus melalui Halaman Google Adsense.

- Harus menggunakan Domain TLD.

- Iklan bisa tampil di blog atau website dengan platform self hosting seperti Wordpress, Joomla, dll.

Cara Daftar Akun Google Adsense Non Hosted

Untuk mendaftar ke Google Adsense caranya cukup mudah. Hal utama yang harus Anda lakukan adalah memiliki Akun Google atau Gmail. Apabila anda belum mempunyainya silahkan simak terlebih dahulu tutorial cara membuat email di google.

Setelah berhasil membuat email, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan sebuah blog yang akan Anda monetisasi melalui program Adsense. Jika Anda belum mempunyai sebuah blog, maka Anda wajib mengikuti terlebih dahulu Tutorial cara membuat blog di Google.

Jika kedua Hal wajib diatas sudah Anda miliki semua, maka saat nya untuk mendaftar Google Adsense. Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

1. Kunjungi halaman Google Adsense. Kemudian klik tombol "Daftar Sekarang".

Pastikan Anda dalam keadaan login ke Akun Google. Apabila belum silahkan lakukan login terlebih dahulu, masukkan alamat email dan password Anda.

2. Jika Berhasil maka akan terbuka form pendaftaran. Masukkan alamat blog atau website yang akan di monetisasi. Masukkan juga alamat email yang akan digunakan, setelah itu klik "Simpan dan Lanjutkan".


3. Halaman selanjutnya adalah memilih Negara tempat Anda tinggal dan menyetujui persyaratan dan ketentuan Google Adsense. Silahkan Ceklist "Ya, saya telah membaca dan menyetujui perjanjian". Kemudian klik "Buat Akun"

4. Langkah selanjutnya adalah mengisi form "Detail alamat pembayaran". Silahkan masukkan Nama, Alamat, kode pos, dan No. Telepon Anda yang valid. Jika sudah klik "Kirim".


5. Sampai disini pendaftaran selesai, namun Anda butuh mengaitkan kode Adsense kedalam blog Anda. Simak tutorialnya dibawah ini :

Cara Pasang Kode Pendaftaran Adsense di Blog

Perlu Anda ketahui, bahwa pada tutorial ini saya menggunakan Blog dengan platform blogger. Bagi Anda yang memembuat blog menggunakan platform lain, sebetulnya caranya tidak jauh beda. Yakni kode harus ditempelkan sebelum kode </head> atau </body> di dalam template atau theme blog Anda.

1. Pertama salin kode Adsense Anda. Jika menggunakan Blogger, maka Anda wajib memparse terlebih dahulu kode tersebut.


untuk memparse kode adsense Anda bisa mengunjung situs ini : www.blogcrowds.com/resources/parse_html.php

2. Buka Blog yang didaftarkan. Lalu buka menu "Theme", lalu klik "Edit HTML". Arahkan kursor mouse kedalam area kode lalu tekan CTRL+F untuk mencari lebih cepat kode /head.

3. Setelah berhasil menemukan kode </head>, silahkan tambahkan kode Adsense yang telah diparse tersebut, tepat diatas kode </head>. Jika sudah klik "Save Theme".


4. Selanjutnya kembali ke Halaman pendaftaran Google Adsense, kemudian Klik "Selesai". Hal ini untuk menandakan bahwa Blog Anda sudah siap di Review oleh pihak Google.

5. Pendaftaran Selesai. Selanjutnya adalah menunggu Email, untuk mengetahui Akun Anda disetujui atau tidaknya oleh Google. Biasanya paling cepat skitar 8 sampai 12 jam pada jam-jam kerja, Anda akan mendapatkan email pemberitahuan. Namun karena kemungkinan banyaknya pendaftar, bisa jadi pemberitahuan mencapai 2-3 hari kerja.

Video Cara Daftar Adsense Full Approve

Bagi Anda yang kesulitan mengikuti Tutorial Cara Daftar Google Adsense Full Approve dalam bentuk text. Mungkin bisa mengikuti Video Tutorial yang telah saya buat ini. Cekidot :



Semoga Video Tutorial diatas bisa sobat dengan ikuti dengan mudah.

Tips Agar Blog Cepat di Approve Google Adsense

Perlu Anda ketahui bahwa sebelum menyetujui keanggotan di Adsense. Google terlebih dahulu melakukan Review secara manual terhadap blog-blog yang didaftarkan. Maka pastikan Blog yang Anda daftarkan tidak melanggar Syarat dan Ketentuan Adsense seperti yang telah saya bahas diatas.

Perlu saya tegaskan bahwa tidak ada seorang pun publisher yang bisa menjamin bahwa situsnya bisa di approve Adsense dengan cepat dan mudah. Jika Anda menemui Ebook atau WS diluar sana yang bisa menjamin, sudah pasti mereka yang memberi statement tersebut adalah karyawan google yang sedang menyamar hehehe.

Namun ada sedikit Tips dari saya Agar Blog Cepat di Approve Google Adsense. Hal ini merupakan yang saya lakukan agar Blog yang saya daftarkan cepat dan mudah di Approve. Ingat sekali lagi ya ini hanya sebuah Tips dan semoga Anda berhasil di approve jika anda mengikuti saran yang saya berikan ini. Cekidot :

1. Gunakan Blog-blog dengan Domain TLD yang sudah berumur lebih dari 3 bulan untuk mendaftar Adsense. Biasanya untuk mempersingkat waktu saya menggunakan Aged Domain ataupun Dropped Domain untuk mendaftar, dibandingkan menggunkan Fresh Domain.

2. Gunakan Niche Blog yang lebih spesifik dan jangan gunakan blog Gado-gado. Bagi para peternak blog pasti sudah paham dengan istilah ini. Pastikan Isi konten Blog yang Anda buat diisi sesuai dengan Niche atau tema pembahasan blog tersebut.

Sebagi contoh, apabila Anda memilih blog dengan pembahasan kesehatan, maka konten-konten artikel yang Anda buat wajib seputar kesehatan.

3. Gunakan Bahasa English sebagai bahasa pada Artikel-artikel yang Anda buat. 

4. Isi Blog Anda dengan minimal jumlah konten sebanyak 50 artikel, sebelum melakukan pendaftaran. Lebih banyak lebih baik tentunya.

5. Pastikan isi konten yang Anda buat merupakan konten yang unik dan lulus copyscape. Nilai Standard  lulus copyscape adalah lebih dari 80%.

6. Gunakan Template yang responsive atau mempunyai tampilan baik pada pengguna smartphone. Hal ini ternyata tidak hanya pengaruh pada pendaftaran Adsense, bahkan sudah menjadi ketentuan google sebagai salah satu syarat sebuah blog untuk dapat ditampilkan di halaman utama pencarian google.

7. Pastikan halaman menu Navigasi Blog Anda sudah Anda isi dengan link kategori atau label. Jangan biarkan link pada menu Navigasi anda biarkan menjadi Blank atau "#". Umumnya ini terjadi jika Anda menggunakan Template Blog baru, maka link default menu navigasi biasanya hanya berisi "#" tanda pagar.

8. Buat Halaman About (tentang blog Anda), Privacy, Disclaimer, dan Contact. Anda bisa menempatkan Halaman ini pada navigasi di area footer blog Anda.

Itu dia Tips dan Syarat wajib bagi saya untuk mendaftarkan sebuah blog di Adsense.

Dahulu untuk mendaftar ke Akun Adsense Hosted sangat mudah, namun saat ini sudah cukup sulit. Hal ini terjadi semenjak Youtube melakukan Update kebijkannya yang mengharuskan para konten kreator untuk mengikuti kelayakan monetisasi menjadi 4.000 jam tayangan dan 1.000 pelanggan (Subscribers) dalam 12 bulan terakhir.

Hal Sebaliknya terjadi pada Adsense Non Hosted. Jika dahulu untuk mendapatkan akun full approve sangat sulit, namun kini lebih mudah jika dibandingkan Akun Hosted saat ini.

Demikian pembahasan Tutorial Cara Daftar Google Adsense Non Hosted. Semoga bermanfaat, terima kasih.