Cara Daftar Blog ke Webmaster Tools Google Terbaru

Hallo Mas Bro setelah berhasil membuat blog di goole, maka hal selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah bagimana agar blog Anda mudah dalam memasuki posisi atas di hasil pencarian. Google mempunyai Tools yang ditujukan bagi pengelola blog atau website yang bernama Webmaster.

Tools ini mempunyai fitur-fitur istimewa yang sangat membantu Anda dalam mengelola dan memaksimalkan situs di hasil pencarian Google. Penasaran? yuk silahkan simak lebih lanjut mengenai Webmaster Google.


Tentang Webmaster Tools Google

Google Webmasters adalah layanan gratis bagi para webmaster yang disediakan oleh Google. Layanan ini berguna untuk meningkatkan keterlihatan situs di hasil pencarian Google dan menampilkan laporan status indeks pada web yang didaftarkan.

Pada tanggal 20 Mei 2015, Google merubah nama Google Webmasters menjadi Google Search Console. Lalu pada awal bulan Januari 2018, Google meluncurkan versi terbaru dari Google Search Console dengan antarmuka dan fitur yang lebih lengkap dari versi sebelumnya.

Fitur Webmaster Google

Webmaster Google mempunyai fitur untuk mengoptimalkan sebuah blog atau website di mesin pencarian google, antara lain:

Submit Sitemap

Fitur ini memungkinkan para webmaster untuk mengirimkan sitemap blog atau website ke Search Console. Hal ini berguna untuk mempermudah perayap mesin pencari dalam memahami struktur situs.

Sitemap yang dikirimkan harus valid dan dapat dirayapi oleh robot perayap. Protokol sitemap yang diterima berjenis XML (Extensible Markup Language) dan menerima berkas HTML (Hyper Text Markup Language).

Status Perayap

Fitur ini diperlukan webmaster untuk mengetahui status perayapan situs yang mereka miliki. Hal ini juga berfungsi untuk mengetahui berapa banyak link yang dirayapi per harinya sampai dengan waktu yang dibutuhkan perayap dalam mengunduh situs.

Validasi robots.txt

Fitur ini memungkinkan para webmaster untuk menentukan mana tautan yang bisa dirayapi dan mana yang tidak.


Data tautan

Fitur ini berisi laporan tentang seputar tautan dari luar ke situs maupun tautan internal antar konten.

Structured Data Testing Tool (Alat Penguji Data Terstruktur)

Fitur ini berguna untuk menguji sebuah situs yang menggunakan rich snippets (Cuplikan Kaya). Google Search Console akan menunjukkan apakah status data snippets berjalan dengan benar atau tidak.

Fetch as Google

Fitur ini berfungsi untuk memastikan apakah robot perayap Google bisa memahami dan membaca situs layaknya pengunjung manusia. Bisa juga untuk memastikan apakah tautan terblokir oleh robots.txt atau berjalan normal.


Cara Mendaftarkan Blog ke Webmaster

Untuk mendaftarkan situs ke Webmaster Google diperlukan Verifikasi. Hal ini agar google bisa memastikan kepemilikan yang sah pada blog atau website yang didaftarkan.

Ada sedikit perbedaan proses verifikasi untuk situs yang menggunakan platform Blogger atau blogspot dengan situs yang menggunakan platform lain ataupun hosting selain Blogger.

Untuk Platform atau Hosting Blogger, proses verifikasi akan dilakukan secara otomatis jika email yang terdaftar di Search Console sama dengan email yang terdaftar di Blogger.

Untuk Platform atau Hosting Non Blogger, maka webmaster diwajibkan untuk menverifikasi kepemilikan situs. Ada beberpa cara yang bisa dilakukan, antara lain :

1.  Mengupload File HTML ke situs.

2. Menambahkan Tag Meta kehalaman beranda situs Anda.

3. Menggunakan Akun Google Analytics pada situs yang ingin didaftarkan.

4. Menggunakan Akun Google Tag Manager Anda.

5. Edit setelan DNS dari penyedia domain Anda ke Search Console Google.

Segera setelah proses verifikasi selesai, maka situs sudah secara resmi masuk dalam indeks Google.


Berikut langkah-langkah cara mendaftarkan blog ke webmaster google :

1. Silahkan Anda masuk ke halaman Webmaster Google. Lalu klik "Masuk" atau klik tombol hijau "Search Console".
Apabila sebelumnya Anda belum login ke Akun Gmail google, silahkan login terlebih dahulu.
2. Masukkan alamat lengkap situs Anda di kolom "Situs URL", lalu klik "Tambahkan Properti".

3. Langkah selanjutnya adalah menverifikasi kepemilikan Situs.

Apabila anda menggunakan platform blogger pada situs anda dan menggunakan email yang sama untuk mendaftar webmaster google, maka proses verfikasi kepemilikan situs akan secara otomatis terverifikasi.

Namun bagi Anda yang menggunakan platform selain blogger, silahkan lakukan verifikasi sesuai dengan petunjuk yang Ada.

Proses verifikasi yang paling mudah adalah dengan menambahkan Tag Meta kehalaman beranda situs. Cukup menambahkan kode tag meta kesitus anda pada bagian <head> atau sebelum <body>.

4. Apabila proses verifikasi sukses, maka pendaftaran Blog ke Webmaster Tools Google, selesai.

Video Terbaru Cara Daftar ke Webmaster Google

Bagi Anda yang kesulitan dalam menverifikasi situs Anda di Webmaster Google, maka Anda bisa mengikuti tutorial yang saya sediakan pada video dibawah ini :


Semoga Video Tutorial diatas bisa sobat dengan ikuti dengan mudah.

Cara Menggunakan Google Webmaster Tools

Setelah berhasil mendaftarkan blog ke Webmaster Google, apa yang harus Anda lakukan? mengkin ini adalah pertanyaan yang sering diajukan bagi mereka yang baru pertama kali menggunakan Google Search Console. Berikut hal yang harus Anda lakukan setelah mendaftar di webmaster google :

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah mengirimkan sitemap situs Anda ke Webmaster. Ini berguna agar halaman-halaman di situs Anda bisa dengan mudah dirayapi oleh mesin pencari.

Cara Submit Sitemap ke Webmaster

1. Pada Google Search Console (tampilan baru), silahkan Anda klik menu "Peta Situs".

2. Lalu pada kolom "Tambahkan peta situs baru" ketikkan sitemap.xml.

Pada umumnya sitemap sebuah blog atau website adalah sebagai berikut :


DomainAnda.com/sitemap.xml


Atau Anda bisa juga menambahkan peta situs berikut :

Apabila jumlah posting/artikel blog kurang dari 500 bisa menggunakan sitemap berikut :


atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500


Apabila jumlah postingan blog lebih dari 500 dan dibawah 1000, maka masukkan dua sitemap berikut ini satu persatu :


atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

dan

atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=500


Apabila jumlah postingan blog Anda lebih dari 1000, gunakan kode di atas untuk setiap kelipatan 500 artikel. Caranya ganti star-index = 1 dengan jumlah max result+1

Cara Fetch as Google

Fitur webmaster yang satu ini digunakan agar postingan baru diblog lebih cepat terindeks oleh Google. Biasanya memerlukan waktu 1 sampai 5 menit saja, maka url postingan sudah terindeks.

1. Pada Google Search Console (tampilan baru), silahkan Anda klik menu "Inspeksi URL".

2. Lalu Masukkan URL Postingan yang akan diindeks, kemudian tekan Enter. Maka google akan melakukan scanning apakah alamat url tersebut sudah ada di google apa belum.

3. Jika status URL postingan belum ada di google, maka silahkan Anda Klik " Minta Pengindeksan". lalu Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

Kedua hal diatas adalah hal sederhana yang rutin saya lakukan pada blog-blog baru yang saya daftarkan di Google Webmaster. Selebihnya adalah fokus dalam membuat konten-konten menarik yang original pada blog yang saya kelola.

Demikian pembahasan mengenai Cara Daftar Blog ke Webmaster Tools Google Terbaru. Semoga Tutorial ini bisa bermanfaat untuk Anda, terima kasih.