Cara Install WordPress di Localhost menggunakan XAMPP

Mau belajar menggunakan Wordpress Self Hosting, tapi belum ada dana untuk menyewa sebuah hosting? jika ya, maka Anda berada disebuah Artikel yang tepat. Tutorial ini cocok bagi Anda yang sedang belajar ataupun sedang melakukan ujicoba membangun sebuah blog atau website sebelum di publikasikan secara online.

Anda bisa menjadikan komputer atau laptop pribadi Anda menjadi sebuah hosting lokal untuk melakukan instalasi CMS Wordpress. Caranya cukup mudah dan bisa dipastikan Gratis tanpa biaya apapun kecuali koneksi internet untuk mendownload Aplikasi yang digunakan.


Penasaran dengan localhost? yuk silahkan simak lebih lanjut pembahasannya dibawah ini.

Apa itu Localhost

Localhost adalah menjadikan komputer pribadi menjadi sebuah server lokal. Berbeda dengan sebuah server yang dapat diakses oleh banyak orang melalui PC/laptop lain. Localhost hanya dapat diakses oleh pengguna komputer tersebut saja.

Localhost selalu menerjemahkan loopback ip address 127.0.0.1 dalam IPv4, atau ::1 dalam IPv6. Localhost digunakan untuk mengantarkan web browser pada HTTP server yang terinstall di komputer lokal. Alamat http://localhost akan menampilkan website lokal pada komputer yang bersangkutan.

Untuk membuat sebuah komputer menjadi server lokal, biasanya memerlukan Aplikasi pendukung. Salah satu aplikasi terbaik yang paling banyak digunakan adalah XAMPP.

Fungsi Localhost

Localhost biasa digunakan para webmaster untuk membangun blog atau website sementara, sebelum dihostingkan secara online ke internet. Dengan menjadikan komputer atau laptop pribadi sebagai localserver, kita dapat bekerja secara offline tanpa harus takut menghadapi masalah biaya, waktu, dan kenyamanan.

XAMPP dikembangkan dari sebuah tim proyek bernama Apache Friends, yang dirilis pada tahun 2011. Nama XAMPP sendiri merupakan singkatan dari X (artinya dapat dijalankan dibanyak sistem operasi), A (Apache), M (MySQL), P (PHP) dan P (Perl).

Apa itu XAMPP

XAMPP merupakan sebuah perangkat lunak gratis yang menggabungkan beberapa aplikasi kedalam satu paket, yaitu  Apache, MySQL, PHP dan Perl. Aplikasi ini bisa dijalankan di komputer dengan sistem operasi Windows, Linux, dan Mac.

Cara Install WordPress di Localhost

Aplikasi yang memungkinkan Anda untuk menginstall file-file website secara lokalhost adalah dengan menggunakan XAMPP. ini merupakan Aplikasi gratis yang paling banyak digunakan untuk melakukan ujicoba blog atau website wordpress sebelum diluncurkan secara online.

Untuk melakukan instalasi wordpress di localhost, ada 3 langkah yang harus Anda lakukan. Yaitu instalasi XAMPP, membuat database, dan instalasi Wordpress. Berikut panduan lengkapnya :

Cara Download dan Install XAMPP di Laptop atau PC Windows

Berikut Tutorial Lengkap cara install aplikasi XAMPP di laptop menggunakan sistem operasi windows :

1. Pertama kunjungi situs resmi XAMPP, klik disini. Lalu silahkan Anda download aplikasi terbaru, pilih sesuai dengan sistem operasi Laptop atau PC Anda. Apabila anda bingung menentukan versi PHP, maka pilih saja versi 5.6.

2. Setelah sukses download, silahkan Install aplikasi XAMPP pada komputer Anda.

3. Jika sudah berhasil melakukan instalsi, silahkan jalankan aplikasi XAMPP.

4. Kemudian klik start pada Apache, mySQL, dan FileZilla untuk menjalankannya

5. Selanjutnya buka browser Anda, kemudian ketikkan "http://localhost/dashboard" pada address bar. Jika muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, berarti Anda telah berhasil melakukan instalasi dan menjalankan aplikasi XAMPP.


Cara Membuat Database Wordpress di XAMPP

Sebelum membuat blog wordpress dilocalhost, maka hal yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah membuat Basis Data (DataBase) untuk blog Wordpress Anda. Berikut panduannya :

1. Pertama pastikan bahwa Anda sudah mengaktifkan Apache, mySQL, dan FileZilla pada aplikasi XAMPP.

2. Kemudian kita akan masuk ke PHP MyAdmin menggunakan XAMPP. Caranya buka browser Anda dan ketikkan "http://localhost/phpmyadmin" pada address bar.

3. Setelah berhasil terbuka, pilih menu "Database". Masukkan nama database yang diinginkan, kemudian klik "Create".

4. Selanjutnya membuat nama user untuk database. Pilih menu "Privileges", kemudian klik "Add user".

5. Setelah muncul form pembuatan user baru. Isikan "username", lalu pada kolom "host" isikan dengan "localhost". Selanjutnya isikan password dan ulangi pada kolom dibawahnya.

6. Selanjutnya ceklist "grant all privileges on database". Kemudian pada opsi "Global Privileges" untuk memberikan hak akses kepada user untuk mengelola semua database, klik "Check All".

7. Terakhir klik "go". Maka pembuatan database wordpress di XAMPP selesai.

Cara Download dan Install Wordpress di localhost 

Setelah berhasil mengikuti kedua tutorial diatas, maka kita masuk ke tutorial inti yaitu melakukan instalasi wordpress di localhost. Silahkan simak langkah-langkahnya dibawah ini :

1. Pertama kunjungi halaman download Wordpress, klik disini.

2. Setelah berhasil didownload, Apabila file masih dalam bentuk compress, silahkan Anda ekstrak terlebih dahulu. Kemudian beri nama folder "wordpress" dengan nama blog yang Anda inginkan.

3. Copy folder "Wordpress" yang sudah Anda beri nama tadi kedalam folder "C:\xampp\htdocs".

Folder htdocs merupakan folder yang digunakan xampp untuk memanggil file-file pada blog yang Anda buat secara localhost. Aplikasi xampp tidak bisa menampilkan pada browser jika Anda menaruhnya selain di folder ini.

4. Selanjutnya pada Browser ketikkan "http://localhost/blogazib. Silahkan anda rubah blogazib dengan nama folder wordpress yang anda beri nama tadi.

5. Jika berhasil maka Anda akan masuk kehalaman instalasi Wordpress. Selanjutnya adalah Klik tombol "Ayo".

6. Selanjutnya mengisi keterangan Database dan User yang telah kita buat sebelumnya. Silahkan isikan "Nama Basis Data", "Nama Pengguna", daan "Sandi". Pada "host basis data" biarkan secara default terisi localhost dan "Prefiks Tabel" juga biarkan terisi "wp_". Lalu klik "Kirim".

7. Setelah berhasil mengkoneksikan database, klik "Jalankan Pemasangan".

8. Selanjutnya adalah mengisi data-data keterangan blog Anda. Mulai dari "Judul Situs", "Nama Pengguna", "Sandi", dan "Email". Setelah itu klik "Install Wordpress".

9. Setelah berhasil, Klik "Log Masuk". Selanjutnya masukkan username dan password yang telah kita buat tadi. Kemudian klik "Log In".

10. Kini Anda sudah berada pada Dashboard Wordpress dan siap untuk membuat konten-konten berkualitas menggunakan Wordpress.


Video Cara Install WordPress di Localhost menggunakan Laptop

Untuk mempermudah Anda mengikuti tutorial Cara Install WordPress di Localhost maka saya telah membuatkan panduannya dalam bentuk video. Berikut ulasannya :


Semoga Video Tutorial diatas bisa membantu sobat mengikuti tutorial ini dengan mudah. Jika tertarik Anda juga bisa mengikuti Panduan Cara membuat Blog di Google.

Demikian pembahasan Tutorial Cara Install WordPress di Localhost. Semoga bermanfaat, terima kasih.