Cara Membuat Channel Youtube Sendiri di Laptop dan HP

Welcome back brother, pada postingan sebelumnya saya telah membahas mengenai cara membuat blog. Sebagai publisher google selain membuat konten artikel, kita juga wajib untuk bisa mengolah sebuah video. Untuk itu pada pembahasan kali ini saya akan memberikan Tutorial Cara Membuat Channel Youtube.


Pada zaman sekarang ini, sepertinya orang lebih senang melihat sebuah konten video ketimbang membaca sebuah artikel. Bagi seorang blogger, bukan berarti ini harus menghentikan langkah Anda untuk membuat konten artikel. Namun ada baiknya disetiap postingan yang Anda buat di blog juga dibubuhi konten-konten video yang menarik. Agar para pengunjung tidak merasa jenuh dengan isi konten blog Anda.

So, blogger plus youtuber, bukan masalah bukan? Bagi anda yang masih awam, sebetulnya tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam editing video. Karena saat ini banyak apllikasi yang akan memudahkan anda dalam melakukan pengolahan konten video, seperti : Adobe Premiere, Sony Vegas, Camtasia, dan masih banyak lagi.

Tentang Youtube

YouTube merupakan situs web berbagi video yang diciptakan oleh 3 mantan karyawan PayPal yakni : Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Hurley merupakan lulusan desain di Indiana University of Pennsylvania, sementara Chen dan Karim lulusan ilmu komputer di University of Illinois at Urbana-Champaign.

Video pertama di YouTube berjudul Me at the zoo. Video ini dipublikasikan pada tanggal 23 April 2005 dan masih ada sampai sekarang di situs ini. Isi video ini menampilkan pendiri pendamping Jawed Karim di San Diego Zoo.

Pertumbuhan situs ini meroket dan pada bulan Juli 2006, perusahaan ini mengumumkan bahwa lebih dari 65.000 video diunggah setiap harinya dan situs ini menerima 100 juta kunjungan video per hari. Melihat potensi ini akhirnya pada bulan November 2006, YouTube dibeli oleh Google senilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.

Cara Membuat Channel Youtube di Laptop

Bagi Anda yang menggunakan Laptop, silahkan ikuti langkah-langkah membuat channel youtube dibawah ini :

1. Kunjungi halaman YouTube, lalu klik Sign In atau Masuk. Pastikan Anda sudah memiliki Akun Gmail, jika belum silahkan anda ikuti terlebih dahulu tutorial cara membuat akun email di google.

2. Setelah berhasil login klik logo profile disudut kanan atas, lalu klik My Channel.

3. Isi Nama Channel Youtube yang Anda inginkan, Jika sudah klik Create Channel.

4. Selesai, bagaimana mudah bukan?



Cara Membuat Channel Youtube di Android

Membuat Channel Youtube di Smartphone Android hampir sama saja dengan membuat akun youtube di laptop. Hanya saya kita melakukannya melalui Aplikasi Youtube, Cekidot :

1. Download Aplikasi Youtube di Playstore terlebih dahulu, apabila anda belum melakukan instalasi aplikasi tersebut di Smartphone Anda.

2. Jika sudah silahkan Sign in ke Akun Anda dengan cara mengklik ikon profil di bagian sudut kanan atas.

3. Setelah Login klik My Channel.

4. Lalu isikan Nama depan dan belakang Channel Youtube Anda.

5. Selesai.

Video Cara Membuat Channel Youtube Sendiri

Jika 2 Tutorial diatas Anda rasa masih sulit untuk dipahami, maka Anda bisa mengikuti tutorial Cara Membuat Channel Youtube Sendiri melalui tutorial Video yang telah saya sediakan dibawah ini :


Semoga Video Tutorial diatas bisa sobat dengan ikuti dengan mudah.


Cara Membuat Akun Youtube yang Menghasilkan Uang

Setelah berhasil membuat Channel di Youtube, maka hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah membuat konten-konten video yang menarik, lalu mengunggahnya di channel Anda.

Untuk bisa memonetisasi konten video youtube, Anda harus mendaftar ke Google Adsense. Menu tersebut sudah tersedia di pengaturan channel youtube Anda.

Pada awalnya Anda bisa langsung untuk menjadi Mitra Youtube, saat itu juga setelah mengunggah video pertama. Namun pada bulan April 2017 YouTube menetapkan persyaratan baru kelayakan Program Mitra YouTube. Hal ini mewajibkan setiap channel yang ingin dimonetisasi harus memiliki minimal 10.000 tampilan.

Selanjutnya pada perubahan terbaru di tahun 2018 ini, YouTube merubah persyaratan kelayakan untuk monetisasi menjadi 4.000 jam tayangan dan 1.000 pelanggan (Subscribers) dalam 12 bulan terakhir .

Bagi konten kreator yang memiliki video original menarik, hal ini tentu bukanlah masalah besar. Namun bagi pemula seperti saya, sepertinya harus ekstra sabar untuk bisa menghasilkan uang dari youtube.

Jadikanlah ini sebuah tantangan untuk terus belajar membuat konten-konten video menarik. Sebuah kerja keras tidak akan menghianati hasil. Viewer dan Subscribers akan otomatis mengikuti kualitas video yang Anda bagikan.

Semoga Pembahasan Cara Membuat Channel Youtube Sendiri di Laptop dan HP diatas bisa bermanfaat, Terima Kasih.